Posted by on November 16, 2014

Meskipun acara RunForiver 2014 telah berlalu, euforia acara tersebut masih terasa segar dalam ingatan.

Secara keseluruhan, acara yang berlangsung pada hari Minggu (15/06) itu dapat dikatakan lancar, bahkan mendapat tanggapan positif dari peserta RunForiver 2014. Walaupun tak dapat dimungkiri pula acara ini masih memiliki beberapa kekurangan.

Minggu pagi itu, ketika matahari belum lagi siap menampilkan sinarnya, panitia bersama volunteer sudah bersiap di posisi masing-masing. Bahkan ada juga beberapa panitia yang sudah bertugas sejak malam sebelumnya.  Sementara itu, para peserta RunForiver 2014 dengan segala antusiasmenya pun telah bersiap di lokasi start sedari pukul 05.30 pagi.

Persembahan lagu “Maju Tak Gentar” dan “Genderang UI” yang dibawakan oleh Marching Band Madah Bahana UI (MBUI) seakan membakar semangat para pelari yang sudah berada di belakang garis start. Setelah dibuai oleh alunan nada yang dibawakan MBUI, pembawa acara mulai membuka acara sekitar pukul enam lewat lima yang dilanjutkan dengan sambutan dari wakil Rektor UI, Bambang Wibawarta. Seselesainya sambutan dari wakil rektor UI, para pelari pun mulai bersiap-siap. Urutan lari diawali dari kategori race 21k, 10k, lalu 5k.

Cuaca yang sedikit mendung tak meredupkan semangat para peserta RunForiver 2014. Semua pelari menunjukkan antusiasnya. Ada yang berlari bersama teman, keluarga bahkan anak-anaknya yang baru berumur 3th. Walaupun track yang digunakan sedikit tidak clear di beberapa jalan tetapi dapat dihandle oleh marshall dan peserta tetap berlari. Sampai 16 menit kemudian peserta pertama 5k menembus garis finish. Terjadi tepuk tangan yang hebat dari penonton, tidak lupa kata “Selamat” diteriakkan oleh panitia RunForiver. Peserta yang mencapai garis finish pun mulai berdatangan di menit ke 26, bahkan ada publik figur seperti Sheryl Sheinafia dan Eno Larian mencapai garis finish dengan waktu yang cepat.

Peserta Run FoRiver 2014 sedang berjuang untuk menyelesaikan track mereka

Hiruk pikuk mewarnai suasana yang terjadi di garis finish. Banyaknya peserta lari yang berada di belakan gate membuat suasana makin ramai dengan teriakan-teriakan dari mereka untuk pelari yang baru mencapai garis finish. Apalagi saat pelari dari Kenya yang bernama Denis Joseph datang dan menjadi finisher pertama untuk race 21k. Pelari-pelari yang menunggu di garis finish berdecak kagum dan bertepuk tangan untuknya, karena dia menjadi pelari tercepat  menyelesaikan race 21k dengan waktu 1 jam 21 menit saja. Ada pula pelari barefoot yang sampai di garis finish dan jlangsung ditolong oleh tim medis karena cedera. Berbagai ekspresi kegembiraan oleh para peserta diperlihatkan setelah mereka mencapai garis finish.

Stand Bazaar yang didirikan oleh panita disamping Gate Garis Finish membuat finisher dapat mencuci mata ataupun berbelanja cemilan. Stand Bazaar RunForiver 2014 diisi oleh banyak komunitas, sponsor, dan berbagai media partner. Seperti Mandiri Ecash, Prudential, Komunitas Peduli Ciliwung, Kompas, Kuliney dan masih banyak yang lainnya. Pelari juga dapat berbelanja barang-barang outdoor dan kaos RunForiver karena ada MAN di salah satu stand tersebut. Tidak lupa para pelari juga bisa mengikuti kuis selfie dari Mandiri ecash degan tema “Rocking selfie with your medals”. Banyak peserta yang me-mention twitter @runforiver dengan foto yang dapat dikatakan unik.

Setelah pengunguman pemenang RunForiver 2014 serta pembagian hadiah berlangsung, peserta diantar dengan bis kuning ke tempat awal mereka parkir. Bis Kuning yang disediakan berjumlah delapan dan diharapkan dapat memfasilitasi para peserta RunForiver yang akan pulang.

River Adoption adalah tema yang diusung RunForiver 2014. River adoption atau adopsi sungai merupakan program yang akan dlaksanakan oleh Badan Pengurus setelah RunForiver 2014 berlangsung. Program ini merupakan salah satu program untuk menyelamatkan sungai Ciiwung dan diharapkan dengan adanya program River Adoption, masalah Sungai Ciliwung dapat diminimalisir.

Semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahunnya dan mendapat tanggapan yang lebih positif serta dukungan dari mapolakers. Dukungan tersebut sangat memotivasi panitia RunForiver 2014. Sampai jumpa di RunForiver 2015!

Oleh

Humas Mapala UI

Posted in: Berita