Posted by on March 10, 2017

Kawasan Ijen terkenal dengan blue fire-nya yang merupakan suatu fenomena alam yang hanya ada di Indonesia dan Islandia. Meski begitu, keindahan yang terdapat pada Kawah Ijen hanyalah satu dari sekian banyak keindahan lain yang masih tersembunyi di Pegunungan Ijen. Calon anggota (caang) Mapala UI pada bulan Januari-Februari lalu telah melaksanakan perjalanan panjang di Pegunungan Ijen dengan tujuan untuk mengetahui potensi wisata apa saja yang terdapat di Pegunungan Ijen. Setelah melakukan perjalanan panjang, calon anggota mapala akan mengadakan pemaparan pesona lain yang belum terungkap di Pegunungan Ijen.

Belantara Ijen merupakan nama dari rangkaian acara tersebut, acara ini telah dimulai sejak tanggal 9 Maret 2017 dan akan berlangsung hingga 11 Maret 2017 di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok. Rangkaian acara ini terdiri dari pameran foto, seminar, screening film dan talkshow Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih dalam mengenai potensi wisata di kawasan Ijen.

“Acara ini akan menyingkap kekayaan yang belum terungkap, kita sebagai orang indonesia harus mengetahui potensi wisata yang terdapat di dalam negeri,” menurut Karina Londy (Vokasi 2016) selaku ketua pelaksana Belantara Ijen. Dokumentasi perjalanan caang Mapala UI akan dipaparkan dalam bentuk pameran foto dan screening film yang berisi tentang perjalanan dan kegiatan di dusun Jampit, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Selain pemaparan dokumentasi, akan diadakan juga seminar manajemen perjalanan dengan pemateri Fandhi Achmad (M-658-UI), yang merupakan salah satu pemandu Carstensz Pyramid dan Adiseno (M-207-UI), yang merupakan sekretaris umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Menghadapi fenomena akan meningkatnya peminat pariwisata saat ini, akan diadakan juga seminar “Fotografi dalam Pariwisata dengan pemateri Reynold Sumayku (M-527-UI), penulis buku “Pada Suatu Foto” dan Cahyo Alkantana, Underwater & Wildlife Cinematographer. Adapun tallkshow tentang potensi wisata akan diungkapkan oleh Setyo Rahmadi (M-299-UI), pendiri Rakata Adventure dan dimoderatori oleh travel blogger, Satya Winnie (M-864-UI).

Setelah mengikuti rangkaian acara Belantara Ijen, peserta yang hadir diharapkan dapat mengetahui kekayaan wisata tersembunyi yang tentunya dapat dikunjungi, mampu merencanakan perjalanan dan packing dengan baik, dan memanfaatkan kamera untuk mendapatkan foto pariwisata yang menarik. Peserta pun diharapkan dapat melakukan perjalanan yang bertanggungjawab, dengan memperhatikan berbagai aspek; keamanan, lingkungan, dan berbagai aspek lainnya.

 

Salam,

Tim Publikasi Belantara Ijen

BKP Mapala UI 2016

 

Narahubung: Jazmi (087876225582)

Comments

  1. Kukuh satrio
    March 11, 2017

    Leave a Reply

    Waaah sungguh menarik sistem perekrutan calon anggota mapala ui harus ditingkatkan lagi dan lebih semangat lagi… mantap

  2. Mas Mitsjat
    May 4, 2020

    Leave a Reply

    Ini sangat menarik sekali, namun tentunya semoga persiapannya matang ya kaka

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*