Posted by on May 21, 2015

Mapala UI kembali akan mengadakan Runforiver pada tahun 2015 nih. Yuk mari bersiap-siap untuk event terbesar Mapala UI tahun ini. Buat yang belum paham mengapa ada kegiatan ini, yuk baca penjelasan di bawah ini.

Mapala UI dan Ciliwung

Pada tahun 2012 Mapala UI membuat program untuk calon anggota baru agar membangun awareness terhadap lingkungan dengan melihatnya lebih dekat. Program yang dinamakan Ciliwung Clean Up, mengirim calon anggota baru ke subdas-subdas ciliwung untuk datang, mengamati dan berinteraksi dengan masyarakat di aliran subdas Ciliwung. Melalui program tersebut maka digagaslah program adopsi sungai yang bertujuan untuk menjadikan Ciliwung lebih baik.

Dari fakta bahwa permasalahan pada aliran sungai ciliwung yang kompleks dan beragam dari hulu dan hilir dibutuhkan kontribusi dari berbagai elemen masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pemeliharan di sepanjang sungai ciliwung untuk itu digagaslah program adopsi sungai. Pemilihan kata adopsi ini karena ingin timbulkan satu kesan bahwa suatu hubungan antara orang tua dan anaknya. Dalam hal ini, para pengadopsi bertindak seperti ‘orang tua’ yang mengasuh ‘anaknya’ yaitu sungai. Program-program yang dapat di lakukan dalam adopsi sungai sangatlah beragam tergantung dengan permasalahan dari penggalan aliran sungai yang di adopsi, dapat berupa program pembersihan, penanaman, pendidikan, serta pendampingan masyarakat.

Apa itu Runforiver?

Adopsi sungai dapat berdampak besar apabila melibatkan banyak pihak, oleh karena itu dibuatlah sebuah event untuk memperkenalkan dan melibatkan banyak pihak yaitu Runforiver UI Half Marathon. RunForiver merupakan social event yang mengkolaborasikan antara budaya hidup sehat dengan berlari serta berkontribusi atas kepedulian lingkungan khususnya pelestarian sungai ciliwung.

Runforiver pertama kali digagas oleh Mapala UI pada Desember 2012. Awalnya yang mendasari pembentukan kegiatan ini adalah kegagalan event lari UI 10 K yang dilangsungkan tahun 2011. Tak mau bernasib sama, Runforiver hadir dengan semangat yang berbeda, tidak sekedar berlari tetapi memiliki misi untuk lingkungan. Hal tersebut sejalan dengan ide besar untuk konsep Adopsi Sungai yang saat itu sedang digulirkan oleh BP Mapala UI 2012. Bagaiamana kalau konsep lari yang sedang happening saat itu digabungkan dengan kampanye Adopsi Sungai? Dan Tara… Jadilah Runforiver.

Nama Runforiver sendiri diambil dari bahasa inggris yaitu Run for River yang berarti berlari untuk sungai. Selain itu juga bisa diartikan Run For(e)ver yang berarti berlari untuk selamanya. Dengan demikian diharapkan nantinya gerakan ini akan terus berlangsung dan akan lebih banyak mengajak serta masyarakat untuk beraksi nyata untuk Ciliwug. Semakin banyak orang yang turun tangan langsung ke Ciliwung, maka mimpi untuk Ciliwung yang lebih baik akan bisa tercapai.

Pada tahun pertamanya, Runforiver 2013 dengan kampanye 1 pelari 1 pohon, berhasil mengajak 1000 orang peserta untuk berlari bersama-sama. Output Runforiver 2013 berupa penamanam 2000 pohon yang ditanam dan dipelihara di Hulu Sungai Ciliwung, Cisarua. Penanaman tidak hanya melibatkan Runforiver sebagai pemberi dana tetapi juga masyarakat dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (K2N).

Pada tahun keduanya yaitu 2014, Runforiver berhasil mengajak 2000 orang untuk berpartisipasi. Disponsori oleh Kompas Gramedia, Runforiver berhasil menyalurkan 2000 buku yang disumbangkan ke Kelompok Peduli Ciliwung (KPC) Depok. Hingga saat ini buku-buku menjadi aset yang akan dibaca oleh anak-anak yang tinggal di pinggir sungai Ciliwung.

100% Donasi di Runforiver 2015

Kampanye 1 pelari 1 pohon? Sudah. Kampanye 10% biaya pendaftara untuk program Adopsi Sungai? Sudah biasa. Untuk tahun ini, Runforiver akan secara total mendonasikan 100% biaya pendaftaran peserta untuk program Adopsi Sungai. Yap 100%.  Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Mapala UI dan Runforiver dalam program Adopsi Sungai yang sudah dirintis sejak beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimana dengan pengelolaannya?

Mapala UI tidak berdiri sendiri dalam penyaluran dana ataupun perealisasian Adopsi Sungai. Pada tahun ini, Mapala UI bekerja sama dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Depok untuk mewujudkan proyek percontohan Taman Ciliwung Ratu Jaya Depok sebagai wadah untuk kegiatan dan pendidikan di pinggir Sungai Ciliwung. Selain itu, Mapala UI juga akan bekerjasama dengan Universitas Indonesia dalam melakukan revitalisasi Danau UI yang merupakan Subdas Ciliwung.

Kegiatan RunForiver tahun ini  menyediakan tiga kategori lari yang dapat di ikuti oleh masyarakat umum yaitu kategori 21KM, 10KM, 5KM. Setiap tahunnya terdapat ribuan orang yang berpartisipasi pada kegiatan ini (RunForiver 2013 1000 Pelari, RunForiver 2014 2000 Pelari). Jalur yang dinamis serta lingkungan kampus UI yang sejuk dan merupakan zona hijau menjadi daya tarik bagi peserta untuk dapat mengikuti kompetisi lari ini.

Kontribusi yang diberikan untuk sungai Ciliwung sejalan dengan program adopsi sungai yang dikampanyekan oleh Mapala UI, dimana mengajak seluruh elemen masyarakat mengadopsi setiap penggalan sungai ciliwung untuk dapat bersama-sama dengan masyarakat di sekitar sungai Ciliwung dalam menjaga dan memberikan nilai tambah terhadap lingkungan sungai Ciliwung.

——-

Berikut ini adalah detail kegiatan Runforiver 2015:

Hari/ Tanggal                          : Minggu, 6  September 2015, jam 04.30 WIB (sterilisasi, batas waktu kendaraan masuk ke UI)

Lokasi                                         : Universitas Indonesia-Kampus Depok

Waktu dimulai                        : 06.00 WIB

Kampanye                               : 100% Donate for River

Program Adopsi Sungai    : Percontohan Taman Ciliwung dan Saung Pustaka Air dan Revitalisasi Subdas UI

Pendaftaran                : 1 Mei – 31 Juli 2015

Infografis Pendaftaran Run Foriver 2015

——-

Runforiver: dari Mapala UI untuk Indonesia. Let’s run for better Ciliwung

Website                           : http://runforiver.com

Instagram                      : @runforiver2015

Twitter                            : @runforiver

Fanpage Facebook    : Mapala UI Half Marathon

Untuk informasi, saran silakan menghubungi nomor di bawah ini.

Maryati Dimursi (Koord. Program & Relation)                      : 0856-93164056

Irene Swastiwi Viandari Kharti (Humas Mapala UI)          : 0812-8820-0276 / 0857-7004-5264