Posted by on July 11, 2015

             Depok (21/6)- Tim BKP 15 Mapala UI, telah melakukan berbagai rangkaian pelatihan untuk calon anggota Mapala tahun 2015, salah satunya adalah pelatihan magang pada tahap 2, yang dimana pada tahap ini belajar mengenasi pengetahuan bergiat dari segi non-teknis, yakni keorganisasian. “Tujuan dari tahap 2 BKP Mapala UI adalah mengimbangi pelatihan dari segi teknis pada tahap 1, yang dimana seorang Mapala itu tidak hanya paham teknis bergiat di alam bebas, tetapi juga harus mengetahui pula dari segi non-teknis”, ungkap ketua Mapala UI Firman Arif (20/6). Tahap ini berlangsung lebih singkat dari tahap sebelumnya yaitu pada 25 Mei sampai dengan 21 Juni.

            Pada tahap ini, para calon anggota Mapala UI 2015 dibagi menjadi beberapa bidang, dengan divisi utama kesekertariatan dan operasional. Pada divisi kesekertariatan sendiri terdiri dari bidang Humas, Fundraising, Kestari, dan Arsip. Beda lagi ivisi operasional yang terdiri dari bidang Panjat, LPM (Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat), Arung Jeram, Telusur Goa, dan Selam.

Calon anggota Mapala UI yang lolos pada tahap 2 ini, diwajibkan untuk menjadi bagian dari salah satu dari sembilan bidang yang ada, karena setiap bidang diharuskan untuk membuat suatu hasil akhir atau final project. Setiap bidang memiliki pencapaian final project dan persiapan yang berbeda-beda pula.

              Seperti pada bidang kesekretariatan, bidang humas, memiliki pencapaian final project berupa publikasi BKP Mapala UI 2015 dan bulletin. Selanjutnya, fundrising, yang membuat suatu project untuk mendapatkan keuntungan seperti penyelenggaraan acara Fun Climbing dan juga membuat merchandise berupa buku catatan yang akan dijual secara umum. Pada Bidang Kestari memiliki Final Project berupa pembuatan madding (majalah dinding) yang sudah ada menjadi lebih menarik dimana madding tersebut berisi surat masuk, keluar dan surat peminjaman selama tahap 2 BKP Mapala UI 2015. Mengarsipkan buku-buku berdasarkan subjek dan melakukan pengolahan terhadap buku yang ada merupakan bentuk pencapaian akhir dari Bidang Arsip dan Pustaka. Bentuk pencapaian akhir yang akan dicapai oleh arsip dan pustaka ini adalah terinputnya semua data buku yang ada di perpus mapala ui kedalam database dan tersusunnya koleksi buku dengan baik dan terstruktur.

             Berikutnya kembali pada Divisi Operasional yaitu Arung Jeram. Bidang ini memiliki beberapa final project, diantaranya adalah membuat acara kegiatan arung jeram, membuat lemari inventaris dan belajar membuat akses. Setelah itu pada divisi oprasional lainnya adalah telusur goa. Final project bidang ini adalah penyelenggaraan kegiatan telusur gua yang bernama Ramadhan Night Cave ke Gua Gombong. Lalu, terdapat Bidang magang Panjat mengadakan panjat artificial climbing di tebing citatah 125 kabupaten Bandung Barat, sekitar 5 km dari Padalarang, pada 15-17 Juni 2015. Selain Bidang Panjat juga terdapat Bidang Selam. Fun Free Diving adalah salah satu event yang diselenggarakan oleh bidang magang operasional Selam BKP Mapala UI 2015, yang dilaksanakan dipulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada tanggal 13-15 Juni 2015. Dan yang terakhir adalah Bidang LPM. Bidang ini mengangkat proyek investigasi Ciliwung subdas danau Universitas Indonesia. Tujuannya adalah agar kita sebagai mahasiswa UI mendapatkan pengetahuan komprehensif tentang danau UI dan pengelolaannya yang diwujudkan dalam output berupa video, tulisan, infografis, dan mading. Teman-teman dari divisi magang LPM ini telah melakukan telusur danau UI dan telusur sodetan.

           “Semoga dalam tahap dua ini, calon anggota bisa mengimbangi kemampuan teknis yang dilakukan pada tahap satu, dan tahap ini juga sebagai praktek kecil sebelum masuk ke dalam tahap tiga”, ungkap Firman sebagai Ketua Mapala UI. Dengan melakukan segala final project bidang-bidang yang telah ditentukanpada tahap dua untuk para calon anggota Mapala 2015, mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya.

Ditulis oleh tim magang Humas #BKP15 Mapala UI

Novi (07)