Posted by on August 10, 2015

DEPOK, KOMPAS.com – Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar perjalanan panjang dalam rangka rangkaian kegiatan Badan Khusus Pelantikan (BKP) tahun 2015.

Para anggota dan calon anggota Mapala UI akan menjelajah ke Dataran Tinggi Yang, Argopuro, Jawa Timur mulai tanggal 9 Agustus – 23 Agustus 2015 dan melakukan bakti sosial tanggal 26-27 Agustus 2015 di Desa Petung Tulis, Jember, Jawa Timur.

“Ini merupakan salah satu tradisi perjalanan panjang dalam BKP. Segala sesuatu direncanakan oleh calon anggota. Sehingga setelah menjadi anggota bisa melakukan ekspedisi sendiri,” kata Ketua Mapala UI Firman Arif saat ditemui di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Indonesia, Minggu (9/8/2015).

Setelah lima bulan masa pendidikan calon anggota, Firman mengatakan ini merupakan tahap ketiga dalam kegiatan BKP Mapala UI. Perjalanan panjang ini adalah salah satu pembentukan karakter dalam bergiat ke alam bebas.

“Perjalanan selama 11 hari di Gunung Argopuro akan menunjukkan batas maksimal mental, menempa kemampuan fisik dan mental hingga menjadi pribadi yang tangguh. Kami sebagai anggota Mapala udah merasakan manfaat dari perjalanan panjang,” ujarnya.

Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Perjalanan panjang Mapala UI diakui dilakukan sebagai penerapan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kegiatan ini juga merupakan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian mayarakat,” kata Ketua BKP Mapala UI 2015 Satria Ramadhan.

Satria menjelaskan kegiatan penjelajahan di Dataran Tinggi Yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam proses persiapan melakukan kegiatan alam bebas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pasca kegiatan.

Untuk pengabdian masyarakat, Satria menjelaskan bahwa dalam perjalanan panjang, Mapala UI selalu melakukan bakti sosial dalam rangka berbagi kepada masyarakat di tempat yang dituju. “Kita akan lakukan pengenalan hidup bersih dan sehat (PHBS) ke masyarakat. Untuk penelitian, kita ingin gali potensi alam Argopuro. Kita lihat Argopuro punya potensi yang bisa dilindungi yang nantinya dapat berstatus taman nasional,” tutur Satria.

Dataran Tinggi Yang
Dataran tinggi Yang merupakan pegunungan yang memiliki banyak puncak gunung. Wilayah dataran tinggi Yang termasuk ke dalam BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Timur.

Salah satu gunung yang berada di jajaran Pegunungan Yang adalah Gunung Argopuro yang berketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung Argopuro memiliki keanekaraaman hayati berupa flora dan fauna yang beranekaragam.

Di dataran tinggi Yang, terdapat fauna seperti burung merak, elang jawa, kucing hutan, macan kumbang, rusa, dan burung-burung lain. Selain itu, di puncak Gunung Argopuro juga terdapat situs-situs arkeologis. Di salah satu titik pendakian Cikasur memiliki bentang alam berupa hamparan padang savana yang luas.

Sumber:  http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/09/19313201/Mapala.UI.Gelar.Penjelajahan.Dataran.Tinggi.Yang