Posted by on September 3, 2015

Tim perjalanan panjang dan bakti sosial BKP Mapala UI 2015 berfoto bersama siswa dan siswi SDN 05 Darungan, Jember.

Hari Rabu (26/8) peserta perjalanan panjang Mapala Universitas Indonesia telah melaksanakan rangkaian kegiatan Perjalanan Panjang Badan Pelantikan Khusus (BKP) Mapala UI yang dimulai pada tanggal 9 Agustus 2015 lalu. Peserta terdiri dari 33 calon anggota (caang) dan 13 anggota Mapala UI.

Bentuk dari rangkaian kegiatan yang telah berjalan selama 17 hari ini berupa penjelajahan dataran tinggi Hyang dan Bakti Sosial. Bakti sosial ini merupakan bentuk dari kepedulian para caang dan anggota Mapala UI terhadap salah satu sekolah dasar di daerah teratas kaki gunung Panggung yaitu SDN Darungan 05 kecamatan Tanggul desa Petung Tulis. Desa yang belum banyak terdapat aliran air langsung ke rumah serta minimnya ketersediaan toilet, membuat anak-anak di desa tersebut mengesampingkan kesehatan dan kebersihan mereka. Sulitnya menjangkau desa dari perkotaan juga membuat anak-anak sekolah dasar ini kekurangan fasilitas yang mendukung mereka untuk sekolah.

Oleh karena itu, calon anggota dan anggota Mapala UI memberikan penyuluhan dan pendidikan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menjaga kosistem. “Penyuluhan yang kami berikan seperti membiasakan mencuci tangan dan menyikat gigi dengan baik dan benar. Serta terdapat pendidikan mengenai ekosistem lingkungan yang dikemas secara menarik dan interaktif. Banyak permainan juga yang kami berikan agar adik-adik merasa senang dan tidak bosan,” kata salah satu pemateri penyuluhan. Sekolah Dasar yang hanya memiliki 42 siswa ini juga diberikan paket sikat gigi beserta pastanya dan tas sekolah beserta alat tulisnya agar mereka rajin menggosok gigi dan giat bersekolah.

Setelah itu, peserta Perjalanan Panjang kembali ke Kota Jember untuk bersilaturahmi dengan beberapa pencinta alam di sekitar Universitas Jember di antaranya adalah Mahapena (PA Fakultas Ekonomi S1 Unej), Mapensa (PA Fakultas Pertanian Unej), Akasia (PA Fakultas Hukum Unej), dan Gemapita (PA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unej).

Berkumpul bersama teman-teman pencinta alam dari Universitas Jember

Salam,
Daana Caesaria (CAM. 010)
Humas dan Publikasi Perjalanan Panjang BKP 2015