Posted by on October 5, 2017

30 September, 2017

Depok, Indonesia

Kegiatan Mapala UI Marine Exploration : Parigi Moutong adalah sebuah eksplorasi bawah laut untuk memetakan potensi pariwisata bahari yang mampu ditawarkan oleh Teluk Tomini di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kegiatan yang bertajuk “Explore to Conserve” ini akan berlangsung selama 21 Oktober – 4 November 2017.

MAPALA UI akan mengirimkan 8 penyelam yang telah diberikan pelatihan khusus selama 6 bulan oleh instruktur profesional dari Professional Association of Diving Instructure (PADI). Sedangkan untuk melakukan penelitian, tim telah didukung penuh oleh Reefcheck.org untuk melakukan pemetaan titik terumbu karang, pengecekan kualitas terumbu karang, dan dokumentasi potensi bawah laut.

Perairan Parigi Moutong memang tercatat sebagai salah satu titik dalam segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle). Bahkan seringkali dijuluki sebagai Heart of Coral Triangle karena terdapat ratusan karang raksasa berukuran diameter mencapai 2 meter. Karang-karang ini membentuk taman karang yang disebut-sebut sebagai “Surga yang tenggelam”.

1031 hektare kawasan terumbu karang yang tersimpan di Teluk Tomini sudah mulai dilirik oleh para penyelam dunia. Ditambah lagi letak geografis Teluk Tomini tepat dilewati oleh garis khatulistiwa. Hal ini mendukung tumbuh kembang ekosistem perairan yang bernaung didalamnya. Sebelum mulai terjamah dan menjadi destinasi yang populer, sudah selayaknya pemerintah dan masyarakatnya mengenal lebih dalam akan potensi tersebut.

Eksplorasi Parigi Moutong akan menjadi salah satu upaya Mapala UI untuk mengungkap potensi tersebut kepada masyarakat, khususnya masyarakat lokal dan pemerintah. Agar nantinya pembangunan pariwisata di Parigi Moutong dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

“Teluk Tomini (Parigi Moutong) memiliki banyak potensi, mulai dari kekayaan laut, kehidupan sosial, budaya masyarakat pesisir, dan sejarah. Semoga dengan adanya penelitian ini, bisa semakin meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Parigi (Moutong) sehingga berdampak pada perekonomian masyarakatnya” Tutur Bapak Badrun, Wakil Bupati Parigi Moutong, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata pada bulan Juli lalu.

Selama 6 bulan melakukan persiapan, tim mendapatkan banyak sambutan positif dari berbagai pihak. Eksplorasi ini bekerja sama dengan PT. Indonesia Infrastructure Finance, PT. Patra Jasa, AQUA dan Universitas Indonesia.

“Sudah saatnya pecinta alam bukan hanya sekedar melakukan kegiatan ekstrem, tapi juga membawa manfaat untuk lingkungan dan memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan melalui penelitian,” ungkap Aulia Farazenia, selaku ketua pelaksana Mapala UI Marine Exploration : Parigi Moutong.

 

Informasi lebih lanjut :

Sekretariat MAPALA UI

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lt. 1

Kampus UI, Depok

+62 812 9763 8113 (Alvina)

Posted in: Berita

Comments

Be the first to comment.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*