Nilai Dasar

1. Memupuk patriotisme yang sehat di kalangan anggotanya. Diyakini oleh para pendiri bahwa sifat ini bisa dicapai hanya dengan hidup di tengah alam dan di antara masyarakat kebanyakan.

2. Mendidik anggotanya baik mental maupun fisik.

3. Mencapai semangat gotong-royong dan kesadaran sosial.

Keanggotaan

1. Mapala Aktif (M). Berstatus mahasiswa UI, dan memiliki hak suara untuk dipilih dan memilih saat pemilihan Ketua Umum.

2. M Luar-Biasa (ML). Berstatus alumni atau sudah tidak menjalankan jenjang akademik di UI. Memiliki hak berpendapat, namun tidak berhak dipilih maupun memilih saat pemilihan ketua umum.

3. Mapala Kehormatan (MK). Bukan mahasiswa ataupun alumni UI, namun karena jasa, sumbangan, dan perhatiannya yang besar terhadap organisasi Mapala UI, dilantik menjadi anggota tetap. Keputusan untuk melantik diambil dalam Rapat Umum Anggota.

Janji Anggota

Demi kehormatanku sebagai Bangsa Indonesia, warga Universitas Indonesia, aku berjanji:

1. Untuk selalu berbakti dan menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Bangsa, dan Tanah Air, serta umat manusia pada umumnya dan almamater Universitas Indonesia.

2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

3. Menepati kewajiban-kewajibanku sebagai anggota Mapala UI dan warga Universitas Indonesia.

VISI

Mapala UI sebagai organisasi populer yang mengembangkan intelektualitas, jasmani, dan rohani anggotanya sehingga menjadi panutan bagi Pemuda Indonesia

MISI

• Menjalankan organisasi dengan prinsip tata kelola yang baik dan mengikat
• Meningkatkan kemampuan teknis, fisik, organisasi, dan moral yang baik dan seimbang
• Memiliki kemampuan pendanaan yang baik dan berkelanjutan untuk membangun organisasi dengan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan bertaraf internasional
• Membangun hubungan baik yang saling menguntungkan dengan pihak eksternal Mapala UI
• Mengembangkan kegiatan yang mendukung kemajuan ilmu pengetahuan

Badan Pengurus
Mapala UI
2019-2020